24 Juli 2010

Geografi Sosial

Geografi sosial merupakan kajian dalam geografi manusia yang menjelaskan mengenai interaksi antara manusia dengan lingkungan sosialnya yaitu manusia lain maupun kelompok manusia disekelilingnya. Maksudnya, bahwa manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya baik kebutuhan primer maupun sekunder pasti akan memanfaatkan lingkungan sekitarnya.

Silabus mata kuliah: Mempelajari mengenai geografi sosial sebagai salah satu dari ilmu-ilmu sosial, pengertian dan definisi geografi sosial, ruang lingkup geografi sosial, gejala dan permasalahan sosial, proses interaksi manusia dan lingkungan, perubahan sosial akibat pertambahan penduduk dan teknologi maju, dan perubahan sosial yang disebabkan oleh adanya perubahan struktur masyarakat.

Geografi Manusia adalah sebuah bidang interdisipliner menggabungkan pendekatan dari geografi akademik dengan subjek tradisional ilmu sosial, dengan demikian menekankan masalah penduduk seperti pariwisata, urbanisasi, dan sebagainya.

Manusia / umat manusia secara luas geografi berbeda dari geografi fisik dalam hal ini memiliki fokus lebih besar pada pola belajar tidak berwujud atau abstrak sekitar aktivitas manusia dan lebih menerima metodologi penelitian kualitatif. Ini mencakup dengan kompas manusia, politik, budaya, aspek sosial dan ekonomi dari ilmu-ilmu sosial. Meskipun fokus utama geografi manusia tidak, kondisi fisik dari bumi (lihat geografi fisik), tidak mungkin untuk membahas geografi manusia tanpa pergi ke lansekap fisik di mana aktivitas manusia sedang dimainkan dan lingkungan geografi yang merupakan penting link antara keduanya. geografi manusia adalah metodologis beragam, menggunakan kedua metode kualitatif dan metode kuantitatif, termasuk studi kasus, penelitian survei, analisis statistik dan model bangunan, antara lain. Tematis, geografi manusia mungkin prihatin dengan berbagai usaha manusia, dari desa dan kota, sekolah, kesehatan, perdagangan dan perdagangan, untuk beberapa nama. Arsitektur manusia spasial dari berbagai lembaga dan praktik menyatukan entitas-entitas dalam disiplin. Sebagai contoh, seorang ahli geografi manusia mungkin prihatin dengan pola geografis penyakit menular seperti kusta, kinerja sekolah di sekolah pedesaan versus kabupaten kota, atau munculnya kelompok teknologi inovatif.

Bidang Geografi Manusia:

1. Pembangunan
2. Ekonomi
3. Kesehatan
4. Sersejarah
5. Politik
6. Penduduk
7. Pariwisata
8. Filosofi pendekatan


Pembangunan
Pembangunan adalah studi geografi bumi dengan mengacu pada Standar hidup dan kualitas hidup penduduk manusia, studi lokasi, distribusi dan organisasi spasial dari aktivitas ekonomi di seluruh bumi. Subyek yang diteliti sangat dipengaruhi oleh pendekatan metodologis peneliti itu.
* Sub-termasuk geografi Pemasaran

Ekonomis
geografi Ekonomi meneliti hubungan antara sistem ekonomi manusia, negara, dan aktor-aktor lain, dan lingkungan biofisik.

Kesehatan
geografi Kesehatan adalah aplikasi informasi geografis, perspektif, dan metode untuk penelitian kesehatan, penyakit, dan perawatan kesehatan.

Historis
Geografi Sejarah adalah ilmu yang mempelajari manusia, fisik, fiksi, teoretis, dan "nyata" geografi masa lalu. Sejarah geografi studi berbagai isu dan topik. Sebuah tema umum adalah studi tentang geografi dari masa lalu dan bagaimana tempat atau wilayah perubahan melalui waktu. Banyak ahli geografi sejarah studi pola geografis melalui waktu, termasuk bagaimana orang berinteraksi dengan lingkungan mereka, dan menciptakan lanskap budaya.
* Sub-termasuk Sisa geografi

Politik
Geografi politik berkaitan dengan studi dari kedua hasil rata spasial proses politik dan cara-cara di mana proses politik itu sendiri dipengaruhi oleh struktur ruang.
* Sub-termasuk Pemilu geografi, geopolitik, geografi geografi dan Militer Strategis

Populasi
Penduduk geografi adalah ilmu yang mempelajari cara-cara yang variasi spasial dalam distribusi, komposisi, migrasi, dan pertumbuhan populasi berhubungan dengan sifat tempat.

Pariwisata
geografi Pariwisata adalah studi tentang perjalanan dan pariwisata sebagai sebuah industri, sebagai aktivitas manusia, dan terutama sebagai pengalaman tempat-berbasis.
* Sub-termasuk geografi Transportasi

Studi tentang daerah tropis dan penghuninya. Hal ini erat terkait dengan perkembangan dan kritik terhadap imperialisme dan kolonisasi wilayah perkotaan dengan spesifik berkaitan dengan aspek ruang dan relasional dan teori. Itu adalah studi tentang daerah-daerah yang memiliki konsentrasi tinggi bangunan dan infrastruktur. Ini adalah daerah di mana sebagian besar kegiatan ekonomi di sektor sekunder dan sektor tersier. Mereka mungkin memiliki kepadatan penduduk tinggi.

Filosofi pendekatan
Dalam masing-masing sub-, pendekatan berbagai filsafat dapat digunakan dalam penelitian, sehingga seorang ahli geografi perkotaan bisa menjadi feminis atau geografi Marxis, dll

Pendekatan tersebut adalah:
* Perilaku geografi
* Kritis geografi
* Feminis geografi
* Marxis geografi
* Non-teori representasional
* Pascastrukturalis geografi
* Psikoanalitis geografi

Tokoh & Pakar Geografi Manusia:
* Carl Ritter (1779 - 1859), dianggap sebagai salah satu pendiri geografi modern dan kursi pertama di geografi di Universitas Humboldt Berlin, juga terkenal karena dia menggunakan analogi organik dalam karya-karyanya.
* Paul Vidal de la Blache (1845 - 1918), pendiri Sekolah Perancis geopolitik dan possibilism.
* Sir Halford John Mackinder (1861 - 1947), pengarang The Pivot Geografi Sejarah, pendiri dari London School of Economics, bersama dengan Asosiasi Geografis.
* Carl O. Sauer (1889 - 1975), kritikus determinisme lingkungan dan pendukung ekologi budaya.
* Walter Christaller (1893 - 1969), geografi ekonomi dan pengembang teori tempat sentral.
* Richard Hartshorne (1899 - 1992), ahli sejarah dan filosofi geografi.
* Torsten Hägerstrand (1916 - 2004), kritikus dari revolusi kuantitatif dan sains regional, mencatat angka di geografi kritis.
* Waldo R. Tobler (lahir 1930), pengembang dari hukum pertama geografi.
* David Harvey (lahir 1935), sebagian besar dikutip akademik geografi dunia dan pemenang Lauréat Prix International de Géographie Vautrin Lud, juga terkenal karena karyanya dalam geografi kritis dan kritik terhadap kapitalisme global.
* Steve Butcher, Profesor Studi Geografi Manusia di Universitas Negeri Kent
* Allen J. Scott (lahir 1938), pemenang Hadiah Vautrin Lud pada tahun 2003 dan medali emas Anders Retzius 2009; penulis banyak buku dan kertas pada geografi ekonomi dan perkotaan, yang dikenal karena karyanya tentang pembangunan daerah, ruang industri baru, aglomerasi teori, global kota-daerah dan ekonomi budaya.
* Edward Soja (lahir 1941), terkenal karena karyanya tentang pembangunan daerah, perencanaan dan tata pemerintahan, bersama dengan coining synekism syarat dan postmetropolis.
* Doreen Massey (lahir 1944), sarjana kunci dalam ruang dan tempat globalisasi dan pluralities nya, pemenang Hadiah Vautrin Lud.
* Michael Watts, Class of 1963 Profesor Geografi dan Studi Pembangunan, Universitas California, Berkeley
* Nigel Thrift (lahir 1949), pengembang teori non-representasional.
* Derek Gregory (lahir 1951), terkenal untuk menulis di Israel, Amerika Serikat dan tindakan Inggris di Timur Tengah setelah 9 / 11, dipengaruhi oleh Edward Said dan telah memberikan kontribusi kerja pada geografi bayangkan.
* Cindi Katz (lahir 1954), yang menulis pada reproduksi sosial dan ruang produksi. Menulis pada geografi anak-anak, tempat dan alam, kehidupan sehari-hari dan keamanan.
* Gillian Rose (lahir 1962), yang paling terkenal dengan kritik-nya: Feminisme & Geografi: Keterbatasan geografis Pengetahuan (1993), yang merupakan salah satu bergerak pertama menuju pengembangan geografi feminisme.
* Tim Cresswell yang menulis pada geografi mobilitas.
* Sue Emery (lahir 1971), seorang tokoh yang dihormati karena keahlian di atas dalam pembangunan kembali kota dan counterurbanisation.
Penilaian Anda:

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...