Pertanggungjawaban
dan perhatian manajemen bervariasi tergantung pada bantuk dan sifat organisasi
serta objek biayanya. Menurut buku ini objek biaya merupakan suatu atau
aktivitas dimana biaya diakumulasikan. Seorang manajer profesional dalam
pendidikan akan dapat mengakumulasikan biaya karena dia mengetahui aktivitas yang
secara minimal ataupun maksimal dalam kegiatan proses pendidikan yang
menyangkut dengan:
- Produk atau kelompok produk yang saling berhubungan.
- Jasa
- Bagian sumber daya manusia dan bagian teknik
- Proyek seperti proyek penelitian pengabdian masyarakat (di perguruan tinggi).
Selain itu buku
ini menguraikan bahwa jumlah total biaya untuk suatu objek biaya dipengaruhi
oleh cost driven. Cost driven merupakan suatu faktor yang
mempunyai efek terhadap perubahan tingkat biaya total untuk suatu objek biaya
suatu contoh biaya untuk gaji guru akan dipengaruhi oleh jumlah jam mengajar
dan lain-lain. Jumlah jam mengajar merupakan cost driven untuk biaya honor.
Untuk keperluan
kompetitif manajer profesional menggunakan informasi strategik dengan menggunakan
faktor-faktor keberhasilan dengan menyediakan peta yang menunjuk keunggulan
kompetitif dan merupakan branch mark
untuk keunggulan kualitas lulusan. Dengan menekankan penggunaan informasi
strategik berarti menekankan pada empat dimensi:
- Kinerja keuangan dengan membandingkan jumlah biaya yang dikeluarkan pada tiap lembaga pendidikan.
- Kepuasan pelanggan. Kualitas lulusan akan memberikan kepuasan kepada stakeholders dan ini merupakan indikator kepuasan kepada stakeholders.
- Proses pelayanan pendidikan dalam biaya pendidikan yang menggunakan efektivitas dan efisiensi pendidikan.
- Inovasi dan pembelajaran. Informasi ini mengukur kemampuan lembaga pendidikan dalam mengembangkan sumber daya manusia untuk kreatif dan inovatif.
Empat dimensi
sebagaimana disebutkan merupakan “balance
score” yang merupakan informasi baik keuangan ataupun nonkeuangan dari
semua faktor yang mengembangkan keberhasilan proses pendidikan.