26 Maret 2013

OBJEK BIAYA DAN PEMICU BIAYA (COST DRIVEN) DALAM PENDIDIKAN

Pertanggungjawaban dan perhatian manajemen bervariasi tergantung pada bantuk dan sifat organisasi serta objek biayanya. Menurut buku ini objek biaya merupakan suatu atau aktivitas dimana biaya diakumulasikan. Seorang manajer profesional dalam pendidikan akan dapat mengakumulasikan biaya karena dia mengetahui aktivitas yang secara minimal ataupun maksimal dalam kegiatan proses pendidikan yang menyangkut dengan:
  1. Produk atau kelompok produk yang saling berhubungan.
  2. Jasa
  3. Bagian sumber daya manusia dan bagian teknik
  4. Proyek seperti proyek penelitian pengabdian masyarakat (di perguruan tinggi).
Selain itu buku ini menguraikan bahwa jumlah total biaya untuk suatu objek biaya dipengaruhi oleh cost driven. Cost driven merupakan suatu faktor yang mempunyai efek terhadap perubahan tingkat biaya total untuk suatu objek biaya suatu contoh biaya untuk gaji guru akan dipengaruhi oleh jumlah jam mengajar dan lain-lain. Jumlah jam mengajar merupakan cost driven untuk biaya honor.
Untuk keperluan kompetitif manajer profesional menggunakan informasi strategik dengan menggunakan faktor-faktor keberhasilan dengan menyediakan peta yang menunjuk keunggulan kompetitif dan merupakan branch mark untuk keunggulan kualitas lulusan. Dengan menekankan penggunaan informasi strategik berarti menekankan pada empat dimensi:
  1. Kinerja keuangan dengan membandingkan jumlah biaya yang dikeluarkan pada tiap lembaga pendidikan.
  2. Kepuasan pelanggan. Kualitas lulusan akan memberikan kepuasan kepada stakeholders dan ini merupakan indikator kepuasan kepada stakeholders.
  3. Proses pelayanan pendidikan dalam biaya pendidikan yang menggunakan efektivitas dan efisiensi pendidikan.
  4. Inovasi dan pembelajaran. Informasi ini mengukur kemampuan lembaga pendidikan dalam mengembangkan sumber daya manusia untuk kreatif dan inovatif.
Empat dimensi sebagaimana disebutkan merupakan “balance score” yang merupakan informasi baik keuangan ataupun nonkeuangan dari semua faktor yang mengembangkan keberhasilan proses pendidikan.
Penilaian Anda:
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...