Pengertian Kurikulum
Secara etimologis, kurikulum berasal dari kata dalam Bahasa Latin curir yaitu pelari, dan curere
yang artinya tempat berlari. Pada awalnya kurikulum adalah suatu jarak
yang harus ditempuh oleh pelari mulai dari garis start sampai dengan
finish. Kemudian pengertian kurikulum tersebut digunakan dalam dunia
pendidikan, dengan pengertian sebagai rencana dan pengaturan tentang
sejumlah mata pelajaran yang harus dipelajari peserta didik dalam
menempuh pendidikan di lembaga pendidikan.
Dalam Dictionary of Education dikatakan bahwa curriculum is
a general overall plan of the content or specific studies of that the
school should offer the student by way qualifying him for graduation or
certification or for entrance into a professional or a vocational field.
Pengertian kurikulum dalam Pasal 1 butir 19 UU Nomor 20 Tahun 2003
tentang Sistem Pendidikan Nasional yaitu kurikulum adalah seperangkat
rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta
cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan
pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
Dalam buku teks pertama In The Curriculum, John Franklin Bobbitt (1918) menyatakan bahwa, “Curriculum
as an idea, has its roots in the Latin word for race-course, explaining
the curriculum as the course of deeds and experiences through which
children become the adults they should be, for success in adult society”
(kurikulum, sebagai suatu gagasan, telah memiliki akar kata Bahasa Latin Race-Source,
menjelaskan kurikulum sebagai “mata pelajaran perbuatan” dan pengalaman
yang dialami anak-anak sampai menjadi dewasa, agar kelak sukses dalam
masyarakat orang dewasa).
Pengertian Kurikulum Menurut Para Ahli
berikut beberapa pengertian kurikulum menurut pada ahli:
- John Franklin Bobbit (1918): Curriculum as an idea, has its roots in the Latin word for race-course, explaining the curriculum as the course of deeds and experiences through which children become the adults they should be, for success in adult society.
- Hilda Taba (1962): Curriculum is a plan for learning.
- Caswell and Campbell (1935): Curriculum is all of the experiences children have under the guidance of teachers.
- Edward A. Krug (1957): A curriculum consists of the means used to achieve or carry out given purposes of schooling.
- Beauchamp (1972): A curriculum is a written document which may contain many ingredients, but basically it a plan for education of pupil during their enrollment in given school.
- Saylor and Alexander: The total effort of school to going desired outcomes in school and out school situations.
- Johnson: A structural series of intended learning out-comes.
- J. F. Kerr (1972): All the learning which is planned or guided by school, whether it is carried on in groups or individually, inside of or outside the school.
- Ronald C. Doll (1974): The curriculum has changed from content of courses study and list of subject and courses to all experiences whish are offered to learners under the auspices or direction school.
- Olivia (2004): Curriculum is a plan or program for all experiences when the learner encounters under the direction of the school.
Dari berbagai definisi kurikulum yang telah diuraikan di atas, maka
dapat kita simpulkan bahwa definisi kurikulum itu adalah suatu perangkat
yang dijadikan acuan dalam mengembangkan suatu proses pembelajaran yang
berisi kegiatan-kegiatan siswa yang akan dapat diusahakan untuk
mencapai suatu tujuan pembelajaran khususnya dan tujuan pendidikan
secara umum.
*TulisanPendidikan
0 komentar:
Posting Komentar