Manusia adalah makhluk hidup yang diberikan berbagai potensi
oleh Tuhan, setidaknya manusia diberikan panca indera dalam hidupnya. Namun
tentu saja potensi yang dimilikinya harus digunakan semaksimal mungkin sebagai
bekal dalam menjalani hidupnya. Untuk memaksimalkan semua potensi yang dimiliki
oleh kita sebagai manusia, tentunya harus ada sesuatu yang mengarahkan dan
membimbingnya, supaya berjalan dan terarah sesuai dengan apa yang diharapkan.
Mengingat begitu besar dan berharganya potensi yang dimiliki
manusia, maka manusia harus dibekali dengan pendidikan yang cukup sejak dini.
Dilain pihak manusia juga memiliki kemampuan dan diberikan akal pikiran yang
berbeda dengan makhluk yang lain. Sedangkan pendidikan itu adalah usaha yang
disengaja dan terencana untuk membantu perkembangan potensi dan kemampuan
manusia agar bermanfaat bagi kepentingan hidupnya.
Secara sosiologi pendidikan adalah sebuah warisan budaya
dari generasi kegenerasi, agar kehidupan masyarakat berkelanjutan, dan
identitas masyarakat itu tetap terpelihara. Sosial budaya merupakan bagian
hidup manusia yang paling dekat dengan kehidupan sehari-hari, dan hampir setiap
kegiatan manusia tidak terlepas dari unsur sosial budaya.
Pengertian Antropologi
Antropologi adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan
sosial yang mempelajari tentang budaya masyarakat suatu etnis tertentu.
Antropologi lahir atau muncul berawal dari ketertarikan orang-orang Eropa yang
melihat ciri-ciri fisik, adat istiadat, budaya yang berbeda dari apa yang dikenal
di Eropa. Terbentuklah ilmu antropologi dengan melalui beberapa fase.
Antropologi lebih memusatkan pada penduduk yang merupakan masyarakat tunggal,
tunggal dalam arti kesatuan masyarakat yang tinggal daerah yang sama,
antropologi mirip seperti sosiologi tetapi pada sosiologi lebih menitik
beratkan pada masyarakat dan kehidupan sosialnya.
Antropologi berasal dari kata anthropos yang berarti
"manusia", dan logos yang berarti ilmu. Antropologi mempelajari
manusia sebagai makhluk biologis sekaligus makhluk sosial. Para ahli mendefinisikan
antropologi sebagai berikut:
· William A. Haviland
Antropologi adalah studi tentang umat manusia,
berusaha menyusun generalisasi yang bermanfaat tentang manusia dan perilakunya
serta untuk memperoleh pengertian yang lengkap tentang keanekaragaman manusia.
· David Hunter
Antropologi adalah ilmu yang lahir dari keingintahuan
yang tidak terbatas tentang umat manusia.
· Koentjaraningrat
Antropologi adalah ilmu yang mempelajari umat manusia
pada umumnya dengan mempelajari aneka warna, bentuk fisik masyarakat serta
kebudayaan yang dihasilkan.
Dari definisi tersebut, dapat disusun pengertian
sederhana antropologi, yaitu sebuah ilmu yang mempelajari manusia dari segi
keanekaragaman fisik serta kebudayaan (cara-cara berprilaku, tradisi-tradisi,
nilai-nilai) yang dihasilkan sehingga setiap manusia yang satu dengan yang
lainnya berbeda-beda.
Sejarah
Perkembangan Antropologi
Seperti halnya Sosiologi, Antropologi sebagai sebuah
ilmu juga mengalami tahapan-tahapan dalam perkembangannya. Koentjaraninggrat menyusun
perkembangan ilmu Antropologi menjadi empat fase sebagai berikut :
· Fase Pertama (Sebelum tahun 1800-an)
Sekitar abad ke-15-16, bangsa-bangsa di Eropa mulai
berlomba-lomba untuk menjelajahi dunia. Mulai dari Afrika, Amerika, Asia,
hingga ke Australia. Dalam penjelajahannya mereka banyak menemukan hal-hal
baru. Mereka juga banyak menjumpai suku-suku yang asing bagi mereka.
Kisah-kisah petualangan dan penemuan mereka kemudian mereka catat di buku
harian ataupun jurnal perjalanan. Mereka mencatat segala sesuatu yang
berhubungan dengan suku-suku asing tersebut. Mulai dari ciri-ciri fisik,
kebudayaan, susunan masyarakat, atau bahasa dari suku tersebut. Bahan-bahan
yang berisi tentang deskripsi suku asing tersebut kemudian dikenal dengan bahan
etnogragfi atau deskripsi tentang bangsa-bangsa.
Bahan etnografi itu menarik perhatian pelajar-pelajar
di Eropa. Kemudian, pada permulaan abad ke-19 perhatian bangsa Eropa terhadap
bahan-bahan etnografi suku luar Eropa dari sudut pandang ilmiah, menjadi sangat
besar. Karena itu, timbul usaha-usaha untuk mengintegrasikan seluruh himpunan
bahan etnografi.
· Fase Kedua (tahun 1800-an)
Pada fase ini, bahan-bahan etnografi tersebut telah
disusun menjadi karangan-karangan berdasarkan cara berpikir evolusi masyarakat
pada saat itu. masyarakat dan kebudayaan berevolusi secara perlahan-lahan dan
dalam jangka waktu yang lama. Mereka menganggap bangsa-bangsa selain Eropa
sebagai bangsa-bangsa primitif yang tertinggal, dan menganggap Eropa sebagai bangsa
yang tinggi kebudayaannya
Pada fase ini, Antopologi bertujuan akademis, mereka
mempelajari masyarakat dan kebudayaan primitif dengan maksud untuk memperoleh
pemahaman tentang tingkat-tingkat sejarah penyebaran kebudayaan manusia.
· Fase Ketiga (awal abad ke-20)
Pada fase ini, negara-negara di Eropa berlomba-lomba
membangun koloni di benua lain seperti Asia, Amerika, Australia dan Afrika.
Dalam rangka membangun koloni-koloni tersebut, muncul berbagai kendala seperti
serangan dari bangsa asli, pemberontakan-pemberontakan, cuaca yang kurang cocok
bagi bangsa Eropa serta hambatan-hambatan lain. Dalam menghadapinya,
pemerintahan kolonial negara Eropa berusaha mencari-cari kelemahan suku asli
untuk kemudian menaklukannya. Untuk itulah mereka mulai mempelajari bahan-bahan
etnografi tentang suku-suku bangsa di luar Eropa, mempelajari kebudayaan dan
kebiasaannya, untuk kepentingan pemerintah kolonial.
Pada fase ini, Antropologi berkembang secara pesat.
Kebudayaan-kebudayaan suku bangsa asli yang di jajah bangsa Eropa, mulai hilang
akibat terpengaruh kebudayaan bangsa Eropa. Pada masa ini pula terjadi sebuah perang besar di
Eropa, Perang Dunia II. Perang ini membawa banyak perubahan dalam kehidupan
manusia dan membawa sebagian besar negara-negara di dunia kepada kehancuran
total. Kehancuran itu menghasilkan kemiskinan, kesenjangan sosial, dan kesengsaraan
yang tak berujung.
Namun pada saat itu juga, muncul semangat nasionalisme
bangsa-bangsa yang dijajah Eropa untuk keluar dari belenggu penjajahan.
Sebagian dari bangsa-bangsa tersebut berhasil mereka. Namun banyak
masyarakatnya yang masih memendam dendam terhadap bangsa Eropa yang telah
menjajah mereka selama bertahun-tahun. Proses-proses perubahan tersebut menyebabkan perhatian
ilmu antropologi tidak lagi ditujukan kepada penduduk pedesaan di luar Eropa,
tetapi juga kepada suku bangsa di daerah pedalaman Eropa seperti suku bangsa
Soami, Flam dan Lapp.
Implikasi Pendidikan yang Berdasarkan Antropologi
1. Landasan
Histori Pendidikan
Pengaruh bangsa Portugis dalam bidang pendidikan
utamanya berkenan dengan penyebaran agama Katholik. Demi kepentingan tersebut,
tahun 1536 mereka mendirikan sekolah (Seminarie) di Ternate, selain itu
didirikan pula di Solo. Kurikulum pendidikannya berisi pendidikan agama
Katholik, ditambah pelajaran membaca menulis dan berhitung.
Pendidikan oleh kaum pergerakan Kebangsaan (pergerakan
Nasional) sebagai Sarana Perjuangan Kemerdekaan dan Penyelenggaraan Pendidikan
Nasional. Bagi bangsa Indonesia berbagai kondisi yang sangat merugikan akibat
kebijakan dan praktek-praktek penjajahan telah menimbulkan rasa senasib
sepenanggungan sebagai bangsa yang dijajah sehingga muncul rasa
kebangsaan/nasionalisme.
Sejak Kebangkitan Nasional (1908) sifat perjuangan
rakyat Indonesia dilakukan melalui berbagai partai dan organisasi, baik melalui
jalur politik praktis, jalur ekonomi, social budaya, dan khususnya melalui
jalur pendidikan. Sifat perjuangan bangsa kita saat itu tidak lagi hanya
menitik beratkan pada perjuangan fisik. Mengingat cirri-ciri pendidikan yang
diselenggarakan pemerintah Kolonial Belanda yang tidak memungkinkan bangsa
Indonesia untuk menjadi cerdas, bebas, bersatu, dan merdeka, maka kaum
pergerakan semakin menyadari bahwa pendidikan yang bersifat nasional harus
segera dimasukan ke dalam program perjuangannya.
Implikasi kekuasaan pemerintahan pendudukan
militer Jepang dalam bidang pendidikan di Indonesia yaitu :
1) Tujuan dan isi pendidikan diarahkan demi kepentingan perang
Asia Timur Raya.
2) Hilangnya Sistem Dualisme dalam pendidikan. Sistem
pendidikan yang bersifat dualistis membedakan dua jenis sekolah untuk anak-anak
bangsa Belanda dan anak-anak Bumi Putera dihapuskan pada zaman Jepang. Sekolah
Desa masih tetap ada dan namanya diganti menjadi Sekolah Pertama. Susunan jenjang sekolah menjadi :
a. Sekolah Rakyat 6 tahun (termasuk sekolah pertama).
b. Sekolah Menengah 3 tahun
c. Sekolah Menengah Tinggi 3 tahun
d. Perguruan Tinggi.
3) Sistem Pendidikan menjadi lebih merakyat (populis)
Tujuan pendidikan Nasional. Sesuai dengan Tap MPRS No.
XXVI/MPRS/1966 tentang Agama, Pendidikan dan Kebudayaan, maka dirumuskan bahwa
Tujuan Pendidikan adalah untuk membentuk manusia Pancasila sejati berdasarkan
Pembukaan UUD 1945 dan isi UUD 1945.
Selanjutnya dalam UU No. 2 Tahun 1989 ditegaskan lagi bahwa
pendidikan nasional bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan
mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan
bertakwa terhadap Tuhan YME dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan
keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, berkepribadian yang mantap dan
mandiri serta rasa tanggungjawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
2. Landasan Yuridis Pendidikan
Apabila Anda mengkaji alinea keempat Pembukaan UUD
1945, disana tersurat dan tersirat cita-cita nasional dibidang pendidikan,
yaitu untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Sehubungan dengan ini, Pasal 31 ayat
(3) UUD 1945 mengamanatkan agar Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu
sistem pendidikan nasional, dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang
diatur dengan undang-undang.
Strategi Pembangunan Pendidikan Nasional meliputi :
1. Pelaksanaan pendidikan agama serta akhlak mulia
2. Pengembangan dan pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi.
3. Prose pembelajaran yang mendidik dan dialogis.
4. Evaluasi, akreditas, dan sertifikasi pendidikan yang
memberdayakan.
5. Peningkatan keprofesionalan pendidik dan tenaga kependidikan.
6. Penyediaan sarana belajar yang mendidik.
7. Pembiayaan pendidikan yang sesuai dengan prinsip pemerataan
dan berkeadilan.
8. Penyelenggaraan pendidikan yang terbuka dan merata.
9. Pelaksanaan wajib belajar.
10. Pelaksanaan otonomi manajemen pendidikan.
11. Pemberdayaan peran masyarakat.
12. Pusat pembudayaan dan pembangunan masyarakat, dan
13. Pelaksanaan pengawsan dalam sistem pendidikan nasional.
3. Landasan Sosiologis Dan Antropologis Pendidikan
a. Individu, Masyarakat, dan Kebudayaan
Individu adalah manusia perseorangan sebagai kesatuan yang
tak dapat dibagi, memiliki perbedaan dengan yang lainnya sehingga bersifat
unik, serta bebas mengambil keputusan atau tindakan lainnya sehingga bersifat
unik, serta bebas mengambil keputusan atau tindakan atas pilihan dan tanggung
jawabnya. (otonom).
Adapun masyarakat didefinisikan oleh Ralp Linton sebagai
berikut “setiap kelompok manusia yang telah hidup dan bekerja bersama
cukup lama sehingga mereka dapat mengatur diri mereka dan menggangp diri mereka
sebagai satu kesatuan social dengan batas-batas yang dirumuskan dengan jelas”.
Dari dua definisi tersebut, dapat diidentifikasi adanya
empat unsur di dalam masyarakat yaitu :
· Manusia (individu-individu) yang hidup bersama
· Melakukan mempunyai social dalam waktu yang cukup lama
· Mereka mempunyai kesadaran sebagai satu kesatuan
· Mereka merupakan suatu sistem hidup bersama yang
menghasilkan kebudayaan, sehingga setiap individu di dalamnya merasa terikat
satu dengan yang lainnya.
b. Pendidikan Sosial dan Enkulturasi
Sebagaimana kita maklumi, manusia berbeda dengan hewan
yang seluruh perilakunya dikendalikan oleh naluri yang diperoleh sejak
kelahirannya. Saat kelahirannya, manusia dalam keadaan tak berdaya, karena
naluri yang dibawa ketika kelahirannya relative tidak lengkap. Ia belum
memiliki sistem nilai, norma, pengetahuan, adat kebiasaan, serta belum
mengetahui dan belum dapat menggunakan dengan tepat berbagai benda sebagai
hasil karya masyarakatnya. Anak manusia harus belajar dalam waktu yang relative
lebih panjang untuk mampu melaksanakan berbagai peranan sesuai statusnya dan
sesuai kebudayaan masyarakatnya.
c. Pendidikan sebagai Pranata Sosial
Pranata Sosial. Theodorson G.A mendefinisikan pranata social
sebagai ‘an interrelated system of social
roles and norms organized about the satisfaction of an important social need or function” (Sudardja Adiwikarta, 1998).
Pranata sosial adalah suatu sistem peran dan norma social yang saling
berhubungan dan terorganisasi disekitar pemenuhan kebutuhan atau fungsi social
yang penting.
Pendidikan Formal (Sekolah). Pendidikan formal adalah
pendidikan yang terstrukutr dan berjenjang yang terdiri atas pendidikan dasar,
pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. (Pasal 1 ayat 11 UU RI No. 20 Tahun
2003).
Fungsi pendidikan Sekolah. Pendidikan sekolah dapat
dikemukakan fungsi-fungsi sebagai berikut :
· Fungsi transmisi kebudayaan masayarakat;
· Fungsi sosialisasi (memilih dan mengajarkan peranan social);
· Fungsi integrasi social;
· Fungsi mengembangkan kepribadian individu/anak;
· Fungsi mempersiapkan anak untuk suatu pekerjaan;
· Fungsi inovasi/men-transformasi masyarakat dan kebudayaan.;
Pendidikan Informal yaitu pendidikan yang
berlangsung/terselenggara secara wajar atau secara alamiah di dalam lingkungan
hidup sehari-hari. Pendidikan informal antara lain berlangsung di dalam
keluarga, pergaulan anak.
a. Definisi.
Pendidikan nonformal adalah jalur pendidikan pendidikan di
luar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan
berjenjang (pasal 1 ayat (12) UU RI No. 20 Tahun 2003).
b. Fungsi.
Pendidikan nonformal berfungsi mengembangkan potensi peserta
didik dengan penekanan pada penguasaan pengetahuan dan keterampilan fungsional
serta pengembangan sikap dan kepribadian professional.
c. Lingkup.
Pendidikan nonformal meliputi pendidikan kecakapan hidup,
pendidikan anak usia dini, pendidikan kepemudaan, pendidikan pemberdayaan
perempuan, pendidikan keaksaran, pendidikan keterampilan dan pelatihan kerja,
pendidikan kesetaraan, serta pendidikan lain yang ditujukan untuk mengembangkan
kemampuan peserta didik.
d. Satuan Pendidikan.
Satuan pendidikan nonformal terdiri atas lembaga kursus,
pelatihan, kelompok belajar, pusat kegiatan belajar masyarakat, dan majelis
taklim, serta satuan pendidikan yang sejenis.
0 komentar:
Posting Komentar