01 April 2013

PENDIDIKAN SEBAGAI HUMAN INVESTMENT

Dalam perspektif ekonomi, pendidikan merupakan human investment yang harus dapat menghasilkan manusia-manusia yang andal untuk menjadi subjek penggerak pembangunan ekonomi nasional. Investasi  di bidang pembangunan pendidikan bernilai sangat strategis dalam jangka panjang, sebab manusia-manusia terdidik tersebut akan memberikan kontribusi yang amat besar terhadap kemajuan pembangunan, termasuk untuk memacu pertumbuhan ekonomi.
 
Oleh karena itu, pendidikah harus mampu melahirkan lulusan-lulusan bermutu yang memiliki pengetahuan, menguasai teknologi, dan mempunyai keterampilan teknis yang memadai. Pendidikan  juga harus dapat menghasilkan tenaga-tenaga proesional yang memiliki kapasitas dan kapabilitas kemampuan berwirauasaha, yang menjadi salah satu pilar utama aktivitas perkonomian nasional. Bahkan peran pendidikan menjadi sangat penting dan strategis untuk meningkatkan daya saing nasional dan membangun kemandirian bangsa, yang menjadi prasyarat mutlak dalam memasuki persaingan antar bangsa.
 
Dengan demikian, pendidikan dalam dimensi yang integratif merupakan usaha seluruh komponen masyarakat dan bangsa untuk menumbuhkembangkan kekuatan kolektif dengan meletakkan landasan sosial-budaya, ekonomi, politik yang kokoh bagi terciptanya masyarakat sipil (civil society) yang demokratis. Dalam dimensi ini pula proses pembangunan pendidikan dapat dilaksanakan dengan bertumpu pada golongan masyarakat kelas terdidik yang menjadi pilar utama, sehingga dapat pula menjadi salah satu tiang penyangga bagi upaya-upaya dalam mewujudkan pembangunan peradaban masyarakat dan bangsa sesuai dengan tujuan-tujuan yang diinginkan.
Penilaian Anda:
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...